Sabtu, 16 Maret 2013

Merawat kebun

Merawat kebun dengan cara sederhana

Untuk memiliki kebun yang cantik, anda harus melakukan perawatan yang teratur dan baik. Tentu saja, taman yang cantik dan indah tidak didapatkan begitu saja, namun membutuhkan perhatian khusus dan keseriusan anda dalam merawat tanaman hias anda tersebut. Nah, berkebun yang baik, tidaklah mengharuskan anda selalu menggunakan bahan-bahan kimia, namun anda juga harus tetap mempertahankan kealamian kebun anda dan tetap menjaga kecantikan tanaman hias anda. Salah satunya adalah dengan cara memberantas hama. Tidak semua hama harus diberantas dengan menggunakan pestisida. Cara yang ramah lingkunganpun dapat anda terapkan untuk memberantas hama dan mempertahankan keindahan teman hias anda namun tetap mempertahankan lingkungan yang sehat.
Anda juga perlu untuk mempertimbangkan pilihan tanaman hias yang anda akan tanam di kebun anda. Tidak sembarang tanaman hias, melainkan tanaman yang cocok dengan kesuburan tanah anda. Pertimbangkan juga ketersediaan air dan kebutuhan tanaman hias itu akan air, begitu juga akan kebutuhannya akan cahaya matahari dan hal-hal lain yang dibutuhkan untuk membuat sebuah tanaman hias hidup dan tetap indah. Karena, tanaman hias tertentu membutuhkan intensitas perawatan yang berbeda pula. Alangkah baiknya bila anda memilih tanaman hias yang memiliki kekuatan dan ketahanan dalam menghadapi hama dan serangga.
Dalam hal menanam, juga perlu anda perhatikan, bahwa jarak antara satu tanaman hias dengan tanaman hias lainnya membutuhkan perhatian khusus (bila anda tidak menanamnya di dalam pot). Pertumbuhan tanaman hias ini tergantung pada jarak yang anda berikan. Hindari jarak yang sangat dekat atau padat. Pastikan juga aliran udara lancar hingga pada bagian terkecil tanaman dan pastikan juga keadaannya tidak terlalu lembab dan gelap.
Anda juga mendapat keuntungan lainnya dengan menanam tanaman hias yang memiliki fungsi mengundang serangga tertentu yang menguntungkan. Atau anda juga bisa menanam tanaman hias yang memiliki aroma khusus yang dapat mengusir dan menjauhkan serangga. Variasikan tanaman hias yang ada dengan tanaman hias berbunga, setidaknya sebanyak 5 sampai 10 persen pada taman anda. Selain untuk keindahan, ini juga berfungsi untuk mengundang serangga yang memberikan manfaat karena nektar yang dihasilkannya.
Waspadai kehadiran semut pada kebun anda. Karena biasanya kehadiran semut adalah pertanda terdapatnya hama kutu putih pada tanaman. Anda dapat mengontrol keadaan ini dengan cara organik, yaitu dengan cara menyemprotkan air essense bawang putih dengan rutin setiap pagi dan sore sehingga semut tidak datang lagi.
Segera buang kelopak bunga yang telah layu pada tanaman hias anda. Hindari membiarkan kelopak yang layu tetap berada pada tanaman anda. Yang terakhir, gunakan mulsa untuk mengontrol gulma dan menjadikan gulma sebagai rumah bagi para serangga laba-laba yang dapat memangsa hama pada tanaman hias anda.
sumber :http://merawatbunga.com/kebun-2/merawat-kebun-dengan-sederhana/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar